Selain Gaji, 10 Benefit yang Bisa Kamu Dapat

 

Zaman sekarang, perusahaan berlomba-lomba menawarkan gaji dan paket kompensasi yang lebih menarik bagi para pekerja atau karyawan. Bukan hanya untuk menarik pekerja tapi karena kesejahteraan para pekerja menentukan pertumbuhan dan kesusksesan suatu perusahaan.

 

Berikut adalah hal-hal menarik yang bisa kamu minta atau negosiasikan dengan HRD selain gaji yang sesuai dengan standar pasaran:

 

  1. Asuransi kesehatan

 

BPJS ketenagakerjaan dan jenis asuransi kesehatan lainnya mulai ditanggung oleh perusahaan. Tanyakan juga jika ada asuransi yang tersedia untuk istri atau suami dan anak-anakmu.

 

2. Jam atau waktu kerja yang fleksibel

 

Tanyakan kepada HRD jika ada beberapa pekerjaan yang bisa diselesaikan di rumah atau jika kamu boleh pulang lebih awal pada waktu tertentu, misalnya untuk menjemput anak sebulan sekali. Namun, jangan lupa untuk meletakkan diri di posisi bos atau atasan sebelum meminta jam kerja yang berbeda dari pegawai lainnya.

 

3. Makan siang

 

Beberapa perusahaan sudah mulai menyediakan makan siang untuk tiap pekerjanya. Ini bisa menghemat waktu dan uang kamu!

 

4. Training atau program edukasi seperti pelatihan dan seminar

 

Terutama bagi kita pekerja di industri kesehatan, sangat penting untuk mendapat pelatihan atau seminar tiap tahun. Bukan saja penting untuk perpanjangan STR (Surat Tanda Registrasi) tapi juga demi ilmu dan skil yang baru!

 

5. Nama posisi

 

Jangan menyepelekan title atau nama posisimu di perusahaan. Hal ini dapat menentukan jenjang kariermu berikutnya.

 

6. Cuti tahunan

 

Jumlah cuti tahunan pada umumnya adalah 12 hari, namun ada beberapa perusahaan yang menawarkan 15 hari, terutama bagi mereka di posisi senior. Selain itu, beberapa perusahaan juga memperbolehkan karyawan untuk cuti pada tahun pertamanya bekerja jika lulus masa probation.

 

7. Pajak

 

Pajak yang dikenakan pada pemasukan atau gaji bulanan bisa saja ditanggung oleh perusahaan. Periksa kontrak kerjamu sebelum menandatanganinya.

 

8. Bonus akhir tahun atau performa

 

Jika perusahaan mengalami pertumbuhan yang pesat dan/atau performa kamu sebagai pekerja sangat baik, perusahaan bisa memberikan bonus akhir tahunan sebagai bentuk apresiasi. Bonus akhir tahun ini berbeda atau terpisah dari THR (Tunjangan Hari Raya).

 

9. Cuti hamil dan melahirkan

 

Khususnya bagi pekerja wanita, menurut undang-undang, tiap calon ibu berhak mendapat cuti 1.5 (satu setengah) bulan sebelum dan 1.5 bulan sesudah melahirkan. Total hak cuti terkait kehamilan dan melahirkan adalah 3 bulan. Selama cuti 3 bulan ini, perusahaan berkewajiban untuk tetap menggaji pekerja wanitanya.

 

Benefit lainnya yang bisa kamu tanyakan adalah:

  • Biaya parkir

  • Biaya transportasi

  • Kesehatan gigi

  • Kesehatan mata

  • Bantuan pendidikan.


Obrolan Lainnya