Pakaian Tidak Boleh Begini Pas Interview

 

Bingung bagaimana sebaiknya berpakaian saat interview? Pastikan kamu membaca artikel ini agar menghindari gaya berpakaian yang tidak profesional saat wawancara.

 

  1. Pakaian terlalu longgar atau sempit

 

Bukan saja bisa terlihat langsung oleh orang lain tapi kamu pun tidak akan nyaman jika menggunakan pakaian yang ukurannya terlalu besar dan tidak sesuai dengan tubuhmu. Kamu tidak bisa bergerak dengan leluasa sehingga menambah kegugupan atau kecanggungan. Selain itu, pewawancara bisa salah fokus, dari wajah dan jawabanmu, ke pakaianmu.

 

Jika memiliki seragam kesehatan, kamu boleh menggunakannya. Jika tidak, cukup gunakan pakaian formal seperti kemeja, jas, celana dan rok yang tidak di atas lutut.

 

2. Pakaian terlalu santai

 

Tinggalkan kaos, celana pendek dan kemeja lengan pendek bercorak pantai atau bunga-bunga di rumah! Jangan gunakan pakaian weekend untuk interview. Hindari memakai topi, sendal dalam bentuk apa pun, sepatu olahraga dan jeans. Jangan menggunakan kacamata hitam saat masuk ke gedung perusahaan. Lepaskan begitu tiba di tempat dan masuk ke ruang tunggu dengan wajah yang bersih.

 

3. Pakaian yang mengganggu perhatian

 

Bagi wanita, hindari menggunakan pakaian yang terlalu terbuka. Perhatikan kancing kemeja agar cukup tertutup dan jika memakai rok, agar tidak di atas lutut. Jika menggunakan sepatu berhak tinggi, cari yang nyaman agar kamu bisa jalan secara natural. Memakai sepatu dengan hak terlalu tinggi tidak saja bisa membuat kamu tidak nyaman tapi juga jatuh terutama jika kamu tidak biasa.

 

Pilih warna pakaian yang umum dan netral, seperti putih, hitam dan biru. Hindari menggunakan pakaian berwarna-warni dan terang, misalnya kemeja dengan warna pelangi. Simpan baju berwarna neon atau seterang stabilo di rumah.

 

4. Aksesori berlebihan

 

Seperti yang dibahas di atas, jangan menggunakan kacamata hitam, topi atau dasi dengan warna dan pola yang mencolok. Bagi para wanita, jangan menggunakan kalung, anting, atau gelang yang berlebihan. Pilih aksesori yang simpel dan tidak ramai. Hindari aksesori yang membuat bunyi gemerincing! Jangan sampai kamu merugikan diri sendiri dengan memakai hal yang mengganggu perhatian pewawancara.

 

5. Kebersihan dan kerapian

 

Sebelum interview dan berjabat tangan dengan pewawancara, pastikan dirimu tidak membawa salah satu hal-hal berikut:

  • Bau badan

  • Bau parfum berlebihan sampai menyengat

  • Tanda keringat dimana-mana

  • Bau mulut

  • Bau rokok

  • Bulu binatang piaraan seperti anjing atau kucing melekat di baju

 

Selain itu, perhatikan mahkotamu yaitu rambut. Jangan terlihat seperti baru bangun. Bagi pria, gunakan jel atau wax jika perlu. Tata rambut serapi mungkin. Bagi wanita, pastikan rambut disisir dengan baik dan diikat jika panjang. Jangan sampai poni menutupi mata atau wajah.

 

Hal terakhir namun penting adalah kuku. Jangan sampai kuku panjang dan kotor yang bersalaman dengan tangan pewawancara.

 

Penampilan bukan segala-galanya namun penampilan adalah titik awal dan impresi pertama. Oleh karena itu, bantu dirimu dalam menonjolkan prestasi dan potensi dengan tampil secara profesional, rapi dan bersih.



Obrolan Lainnya