Jangan Sampai Media Sosialmu Merugikan Karier Sendiri!

 

Kita semua tidak asing lagi dengan ungkapan “Mulutmu harimaumu.” Periksa tiap akun medsosmu dan pastikan tidak ada hal-hal berikut yang merugikan atau bahkan menghambat karier sendiri!

 

  1. Marah-marah di media sosial (medsos)

 

Ocehan atau marah-marah di media sosial menunjukkan tingkat kedewasaan dan kemampuan seseorang dalam menguasai dirinya sendiri. Jangan sampai HRD mendapati kamu berkata-kata secara tidak senonoh di medsos, terutama tentang pekerjaan, atasan atau perusahaanmu sebelumnya.

 

Jika memang perlu mengungkapkan perasaan kesal atau marah, cari cara untuk melakukannya tanpa identitasmu bisa diketahui. Cara paling baik adalah curhat atau cerita ke teman dekat, anggota keluarga atau menulis di buku harian.

 

Menunjukkan perasaan dan opini secara keras atau kuat mengenai topik apa pun, termasuk isu politik, bisa membuat kamu terlihat tertutup, tidak bisa diajak diskusi, dan berpotensi memprovokasi.

 

2. Foto dan video yang tidak senonoh

 

Pastikan tidak ada foto dan video yang tidak sopan tercantum di profil atau akun medsos. Hapus dan bersihkan profil dari hal-hal yang bisa merugikan reputasimu sebagai seorang profesional medis.

 

3. Gaya hidup dan kehidupan pribadi

 

Untuk mencegah salah asumsi atau kesalahpahaman dari HRD, sebaiknya akun-akun medsos dibuat private atau bersifat pribadi. Memisahkan kehidupan pribadi dari kehidupan profesional adalah langkah yang lebih aman dan bijak. Paling tidak, jangan biarkan tiap orang, termasuk yang tidak dikenal sekali pun bisa mengakses kehidupanmu di medsos. Misalnya, komenmu yang dimaksudkan sebagai gurauan bisa dikira serius oleh HRD jika akunmu dapat diakses dengan mudah.

 

Banyak orang tidak sadar betapa banyak hal yang bisa mereka kendalikan, agar mereka bisa menemukan dan ditemukan pekerjaan impiannya. Agar pengalamanmu di dunia kesehatan bisa bersinar, buat profil yang lengkap di MedisCerdas.com dan “bersihkan” medsos. Dengan begitu, perusahaan dengan posisi dan gaji lebih baik, bisa langsung menghubungimu lewat situs khusus tenaga medis ini.

 



Obrolan Lainnya