Unjuk Potensi di Pekerjaan Pertama!

Dunia kerja sudah pasti jauh berbeda dari dunia kuliah atau sekolah. Kamu mungkin sudah mulai merasakannya pada saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, diperlukan hati dan pikiran yang siap untuk melangkah dengan baik dan percaya diri.

 

Bagi kamu yang sudah berhasil lolos wawancara dan mendapat pekerjaan, selamat! Berikut adalah 5 tips agar kamu berhasil unjuk potensi di pekerjaan pertama:

 

1.Pantaskan diri


Jangan mulai bekerja dengan mental “Saya pantas menerima…” tapi ganti mental itu dengan “Saya akan bekerja sebaik mungkin untuk memantaskan diri.” Para pekerja terutama yang masih muda, terkenal dengan sikapnya yang sibuk menuntut hak. Mau berbeda dari yang lain? Pisahkan diri dengan tunda menuntut hak, dan bekerja sebaik mungkin hingga atasan merasa kesulitan jika kamu tidak ada.

 

2. Melayani lebih dari yang diharapkan


Tahu betul ekspektasi dari atasan dan tugas-tugasmu. Atur waktu dan temukan cara terbaik untuk mengerjakan semua dengan tepat. Setelah itu, coba untuk memberi lebih dari yang diharapkan atasan atau perusahaan. Jika diberi 3 tugas, selesaikan lalu pikir kira-kira apa yang mungkin selanjutnya dibutuhkan. Dengan begitu, atasan akan merasa perbedaan besar dengan keberadaan kamu dalam tim. Dia pun akan berpikir “Saya memberinya 3 tugas, namun menerima 4-5 hasil pekerjaan yang baik.” Ketika ada kesempatan untuk mempromosikan anggota timnya, menurutmu siapa yang akan terlintas di pikirannya?

 

3. Proaktif dan inisiatif dalam belajar


Tiap memulai suatu hal baru, kita semua pasti memerlukan waktu untuk belajar dan beradaptasi. Agar proses ini lancar, ambil inisiatif dan bersikap proaktif dengan rajin bertanya, berani mencoba, meminta maaf jika salah dan memperbaiki kualitas kerja. Lakukan hal ini dengan setia dalam sebulan dan kamu akan lulus masa probation atau percobaan.

 

4. Mendukung teman kerja


Ketika sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan tugas, ambil kesempatan untuk membantu teman kerja lainnya. Bukan saja bisa belajar hal baru, namun ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja dalam tim atau bahkan suatu hari memimpin tim! Teman-teman yang dibantu juga akan menghargai dan merasakan kontribusimu seiring berjalannya waktu.

 

5. Cari kesempatan untuk unjuk potensi


Jadilah cermat dalam menemukan kesempatan untuk unjuk prestasi kepada atasan. Ini sama sekali bukan berarti memamerkan semua pencapaian sombong dan menuntut berbagai hal! Namun, agar bisa menonjol dan mendapatkan promosi, promosikan kontribusimu secara tulus dan ‘halus’. Kuncinya adalah sikap siap sedia yang ikhlas. Sangat gampang untuk membedakan orang yang ‘mencari muka’ dari pekerja yang ikhlas dan konsisten dalam memberikan yang terbaik. Kenali 5 Hal yang Tiap Atasan Ingin Dengar dari Kamu.

 

Jika sudah memulai pekerjaan pertama, jangan lupa untuk update informasi di profil MedisCerdas agar perjalanan kariermu terlihat dengan jelas dan kamu pun membuka diri ke kesempatan-kesempatan baik di masa depan.

Obrolan Lainnya