Ini Bedanya CV yang Berujung pada Interview

 

Banyak orang mengisi CV-nya dengan berbagai pujian mengenai diri sendiri. “Rajin”, “disiplin”, “pekerja keras” dan lain sebagainya bertebaran mewarnai CV. Kamu tidak salah jika ingin menggunakan CV untuk mempromosikan diri secara profesional. Namun, jika semua orang melakukan hal yang sama, yaitu memuji diri, apa yang akan membuat seorang kandidat berbeda dari para pelamar lainnya?

 

Berikut adalah tips agar isi atau konten CV kamu berbeda dari pelamar lainnya:

 

  1. Apa buktinya?

 

Ingin memuji diri setinggi langit di CV? Boleh boleh saja! Namun, jangan berhenti di situ karena usahamu akan sia-sia. Iringi tiap deskripsi dengan bukti.

 

Contoh:

 

Pernyataan - “Saya memiliki skil kepemimpinan.”

 

Bukti - “Pada saat kuliah, saya adalah salah satu panitia pengurus organisasi murid-murid. Saya pun sudah dua kali menjadi ketua penitia pengurus seminar perawat nasional. Selain itu, saat magang di puskesmas, saya memimpin projek tentang pasien dan proses rujukan, yang berlangsung selama 3 bulan.

 

2. Ganti “Skil Komunikasi” dengan kata kerja

 

Skil komunikasi adalah salah satu skil yang paling dihargai dan diperlukan dalam berbagai profesi terutama di industri kesehatan. Daripada hanya menulis “Saya memiliki skil komunikasi yang baik”, ilustrasikan secara aktif dengan “Saya seorang pendengar yang baik dan mampu merespon terhadap pasien setelah mencerna informasi yang dia berikan. Saya tahu kapan untuk diam dan mendengar, dan kapan untuk berbicara dan menanggapi.”

 

Tidak cukup hanya memberitahu tanpa menjelaskan bagaimana kamu menguasai ilmu atau skil tertentu.

 

3. Jangan berhenti di “Penuh tanggung jawab” atau “Pekerja keras”

 

Setelah kalimat pernyataan bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab, gunakan kata-kata kerja berikut dalam kalimat yang membuktikan hal tersebut:

  • Mencapai

  • Mengurus

  • Mengelola

  • Memimpin

  • Mengarahkan

  • Mengatasi

  • Mengatur

  • Menyelesaikan dan lain sebagainya.

 

Jadilah kreatif dalam memilih kata kerja untuk menjelaskan tentang diri dan pencapaian di CV. Makin jelas deskripsi dan contoh-contoh yang kamu berikan, makin mudah bagi HRD untuk memilih dan mengundang-mu untuk interview.

 



Obrolan Lainnya