4 Hal yang Kurang dari CV Kamu!

Sebelum mengharapkan panggilan untuk wawancara atau interview, pastikan CV kamu sudah sesuai dengan yang dibutuhkan HRD!

 

Tiap bagian dari CV perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin agar profilmu menonjol di antara profil para pelamar lainnya. Berikut adalah 4 hal yang mungkin kurang dari CV kamu:

 

1. “Tentang dirimu” - Dari Mana dan Ke Mana?

 

Banyak tenaga kerja kesehatan yang bingung mengisi bagian ini. “Tentang dirimu” adalah bagian pengenalan diri secara singkat, padat dan jelas ke HRD. Untuk bagian ini, cukup menulis 4 hingga 6 kalimat. Setengah bagian pertama, tulis mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman-mu. Lalu untuk setengah bagian berikutnya, tulis mengenai mimpi, visi, misi atau rencanamu untuk masa depan. Jadi, dari bagian ini, HRD bisa langsung mendapat 1) bayangan tentang dirimu yang dulu, dan 2) ke mana/apa tujuanmu berikutnya.

 

2. Aktivitas Sukarela

 

Jangan lupa untuk mencantumkan aktivitas sukarela atau volunteer work yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu bisa masukkan di bagian “Pengalaman Kerja” dan/atau bagian “Tentang dirimu”. Cari juga kesempatan untuk membahas hal ini pada saat interview. Ceritakan apa yang kamu pelajari dari kegiatan tersebut.

 

3. Cantumkan Angka yang Jelas

 

Menulis “Memimpin tim dengan total anggota 15 orang” akan jauh lebih menonjol dan membantu HRD mengingat CV-mu daripada hanya menulis “Pernah memimpin tim.” Sertai detail-detail dalam bentuk angka mengenai prestasi atau pencapaianmu sebelumnya. Menyertakan nilai IPK juga akan membantu HRD dalam menyaring para pelamar.

 

Di bagian “Pengalaman Kerja”, gunakan angka untuk menjelaskan tugas-tugas. Contoh: “Bekerja shift selama 12 jam (dari jam 10 pagi hingga 10 malam); Merawat 35-50 pasien per hari.”

 

4. Kemampuan diluar Industri Kesehatan

 

Skil-skil lain yang tidak terkait secara langsung dengan pekerjaan sebaiknya juga dicantumkan. Banyak kandidat yang misalnya ahli berbahasa Inggris, berbahasa Jepang, main piano atau mempunyai sertifikat sebagai pelatih Yoga. Cantumkan hal-hal ini karena kamu tidak pernah tahu kebutuhan unik para HRD. Selain itu, jika skil tersebut mungkin “tidak berguna” untuk posisi yang kamu lamar, HRD bisa lebih mengingat profilmu, misalnya sebagai pelamar apoteker yang bisa berbahasa Jepang.

 

Maksimalkan tiap bagian profilmu di MedisCerdas. Dengan mengisi profil secara lengkap dan update tiap bulan, Insya Allah upayamu akan mendatangkan hasil yang baik. Jangan lupa untuk membaca artikel Ini Bedanya CV yang Berujung pada Interview!

Obrolan Lainnya